Pengguna HP Android Harus Tahu, Inilah Cara Merawat Baterai Agar Tetap Awet

 


Merawat kondisi baterai HP Android adalah hal yang penting dilakukan agar penggunaan smartphone bisa berjalan dengan semestinya dan nyaman. Sangat tidak menyenangkan bukan bila baterai HP kita cepat aus atau cepat habis. Kebanyakan permasalahan dari menggunakan HP Android adalah terletak pada baterai, sering sekali pengguna HP Android mengeluh bahwa baterainya cepat habis bahkan cepat rusak. Sebenarnya merawat baterai HP Android agar tetap awet tidak susah kok. Simak cara-cara berikut ini agar kalian mengetahui cara merawat baterai HP Android agar tetap awet:

1. Tidak menyetel brightness (pencahayaan layar) terlalu tinggi

Cara pertama untuk merawat baterai HP Android agar tetap awet adalah mengurangi intensitas cahaya pada layar smartphone. Hal ini dapat mengurangi pemakaian baterai dengan cukup signifikan. komponen pada hp Android yang mengkonsumsi daya baterai paling banyak adalah terletak pada layar smartphone bila dibandingkan dengan komponen lainnya. Jadi agar baterai hp yang anda tidak cepat habis atur intensitas cahaya secukupnya.

2. Putuskan koneksi GPS, Wi-Fi, bluetooth serta koneksi lainnya saat tidak dipakai.

Matikan koneksi GPS jika anda tidak sedang dalam perjalanan. Selain itu putuskan juga koneksi Wi-Fi, bluetooth dan lainnya apabila sedang tidak digunakan. Hal ini dapat menambah usia baterai HP Android Anda. Memutuskan koneksi GPS, Wi-Fi, Bluetooth serta koneksi lainnya adalah tindakan yang tepat karena fitur-fitur tersebut selalu mencari sinyal dari device yang ada, sehingga kegiatan tersebut dapat membebani baterai HP untuk cepat habis.

3. Menggunakan koneksi Wi-Fi dibandingkan dengan paket data

Dengan menggunakan koneksi Wi-Fi, maka aktivitas dengan mencari sinyal internet yang dilakukan oleh HP Android, secara otomatis akan dimandikan dan menghemat daya baterai yang ada. Jadi menggunakan koneksi Wi-Fi dapat mengurangi masalahmu terhadap cepatnya daya baterai yang habis.

4. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Kegiatan multitasking atau membuka beberapa aplikasi secara secara bersamaan dapat menghabiskan daya baterai dengan cepat. Sebaiknya apabila sudah selesai memakai kata aplikasi dan tidak digunakan lagi tutup dan matikan aplikasi tersebut. Hal ini berfungsi untuk mengurangi penggunaan paket data yang berlebihan serta dapat menghemat daya baterai.

5. Jaga Android dari suhu panas yang berlebihan (overheat)

Suhu lingkungan akan mempengaruhi kualitas daya baterai dari HP Android. Jika suhu lingkungan terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat baterai HP cepat habis atau bahkan merusak performa baterai HP Android. Jadi selalu jaga HP anda dengan suhu ruang.

6. Memperhatikan jangka waktu pengisian baterai

Anda harus memperhatikan waktu dalam melakukan pengisian baterai HP Android. Jangan dibiarkan HP terlalu lama saat presentasi baterai sudah 100%. Apalagi dibiarkan semalaman, kebiasaan ini sering dilakukan oleh sebagian orang dan sangat tidak dianjurkan.

7. Mengurangi pengisian baterai melalui powerbank

Menggunakan powerbank untuk pengisian baterai HP Android sering dilakukan oleh sebagian orang saat ia tidak terhubung dengan kontak listrik. Hal ini tidak tidak masalah apabila kita tidak mengecas nya di rumah, tapi alangkah baiknya kita mengecas HP Android dengan kontak listrik langsung saat berada di rumah. Terlalu sering menggunakan powerbank untuk mengisi baterai HP tidak terlalu bagus untuk kondisi HP tersebut. Karena kebanyakan powerbank mengakibatkan baterai HP menjadi mudah panas.

Cara untuk merawat baterai HP yang sudah disebutkan diatas sangat mudah bukan. ikuti langkah-langkahnya agar kondisi baterai HP Android kamu selalu dalam keadaan baik. Semoga ber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Saja yg Bisa Menerima Bansos PPKM Darurat?

Cek Legalitas Pinjol serta Fintech di Situs Cekfintech.id

Buka cekbansos.kemensos.go.id, Penerima BST Rp 600.000 Dapat Tambahan Beras 10 Kg