Tips Cara Merawat Ponsel Layar Sentuh Android

 



Penggunaan ponsel pintar Android layar sentuh saat ini yang paling umum digunakan. Hampir semua produsen ponsel mengeluarkan seri terbarunya dengan model layar sentuh. Ponsel yang menggunakan keypad QWERTY sudah lama ditinggalkan walaupun masih ada sebagian orang yang menggunakannya. Itu pun pasti ponsel seri keluaran lama.

Ponsel pintar adalah alat elektronik yang sangat berguna bagi penggunanya, baik itu sebagai alat komunikasi, hiburan, pekerjaan, media belajar dan lain sebagainya. Sangat perlu merawat kondisi Ponsel pintar agar bisa digunakan untuk jangka panjang serta tidak mudah rusak. Ukuran ponsel pintar yang menggunakan model layar sentuh memiliki beraneka model dan ukuran tebal dan tipis sehingga memungkinkan seseorang melakukan kelalaian dalam merawat Ponsel pintar. Jadi pemilik Ponsel pintar harus pintar juga dalam menjaga ponsel agar tidak cepat rusak.

Untuk melindungi serta merawat layar sentuh pada ponsel Android agar tetap berfungsi dengan baik, berikut ini adalah tips untuk merawat ponsel layar sentuh Android:

1. Jangan mengoperasikan Android saat sedang mengisi daya baterai

Menggunakan ponsel Android saat dicas dapat menyebabkan layar sentuh pada ponsel error. Diperbolehkan apabila digunakan asal tidak berlebihan seperti hanya membalas chatting atau hal yang tidak terlalu berat, tetapi jangan menggunakan ponsel ketika dicas yang membutuhkan daya besar seperti menelepon, bermain game, dan nonton video streaming.

2. Menggunakan screen protector (anti gores)

menggunakan anti gores atau temper glass pada layar sentuh ponsel Android sangat berguna untuk melindungi layar dari goresan. Ada banyak jenis tempered glass yang beredar di pasaran dari harga yang termurah hingga yang lumayan mahal. Jadi jangan sayang mengeluarkan sedikit uang untuk melindungi layar ponsel Anda.

4. Hindari Ponsel pintar dari medan magnet

Jika Ponsel pintar Anda terlalu sering berdekatan dengan medan magnet yang biasanya terdapat pada barang elektronik contohnya TV, kulkas, mesin cuci dan lain-lain. Hal tersebut dapat memicu kerusakan pada ponsel dan menyebabkan berkurangnya sensitifitas pada layar sentuh ponsel pintar anda.

5. Jangan menekan layar terlalu keras

Pengguna harus hati-hati saat menekan layar, usahakan jangan menekan layar terlalu keras apalagi saat bermain game. Kebiasaan ini kadang tidak disadari oleh pengguna karena terlalu bersemangat. Menekan layar sentuh terlalu keras dapat mengurangi sensitivitas layar bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada LCD ponsel pintar anda.

6. Selalu bersihkan layar sentuh ponsel anda

Hal ini adalah hal yang mendasar yang harus sering dilakukan oleh pengguna Ponsel pintar dengan model layar sentuh. Bersihkan layar sentuh dengan kain yang lembut atau kain khusus pembersih seperti kain microfiber atau tisu secara rutin. Selain untuk menjaga kebersihan ponsel, hal ini juga untuk menjaga kebersihan dari pengguna. Setiap hari kita menyentuh barang apapun dari luar dan menyentuh ponsel juga. Hal ini menyebabkan banyaknya kuman yang bersarang pada layar ponsel. Jadi sangat penting untuk menjaga kebersihan layar ponsel Android. Jangan malas yaa.

7. Hindarkan dari sinar matahari langsung

Jangan menyimpan Ponsel pintar anda di bawah sinar matahari langsung. Agar ponsel Anda tetap dalam kualitas yang baik. Menyimpan ponsel dibawah sinar matahari langsung dapat menyebabkan layar ponsel Anda menjadi panas, selain itu juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen ponsel pintar.

Demikianlah tips dan cara merawat ponsel layar sentuh Android anda. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Saja yg Bisa Menerima Bansos PPKM Darurat?

Cek Legalitas Pinjol serta Fintech di Situs Cekfintech.id

Buka cekbansos.kemensos.go.id, Penerima BST Rp 600.000 Dapat Tambahan Beras 10 Kg