Tips Merawat HP Android Supaya Tidak Lemot

 


Smartphone atau HP dapat membantu pekerjaan manusia karena fitur-fitur yang tersedia serta kecepatannya dalam melakukan sesuatu. Seperti halnya mengirim dokumen, pesan dan lain-lain. Tapi bagaimana jika HP Android yang kita miliki justru lemot dan lambat dalam menjalankan aplikasi? Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi HP menjadi jadi lemot seperti itu. Salah satunya juga tergantung pada si pemilik dalam mengoperasikan HP Android. Untuk merawat HP Android tidak lemot sebenarnya tidak susah apabila pengguna memiliki kemauan dalam menjaganya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga HP Android agar tidak lemot, berikut diantaranya:

1. Saat Anda membeli HP baru, pastikan anda menginstal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Jangan sembarangan mengunduh aplikasi hanya untuk memenuhi penyimpanan internal anda. Banyaknya aplikasi yang terunduh justru dapat membebankan kinerja HP Android dan mengakibatkan lemotnya pengoperasian pada HP.

2. Jangan membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Membuka banyak aplikasi dalam satu waktu dapat berakibat buruk pada kerja sistem perangkat Android. Selain itu aktivitas itu dapat menyebabkan HP lebih cepat panas.

3. Jangan mengoperasikan HP saat sedang melakukan pengisian baterai. Biarkan HP terisi penuh terlebih dahulu dan beristirahat sejenak baru setelah penuh Anda bisa mengoperasikan HP android anda kembali. Kemudian yang harus anda ingat adalah jangan pernah menelpon dalam keadaan mengecas sebab berpotensi meledak.

4. Jangan memasang memori eksternal melebihi kapasitas perangkat Android. Developer HP telah memberli kapasitas maksimal pemberian memori eksternal pada perangkat Android. Jika kita memaksakan memasukkan memori eksternal melebihi kapasitas, maka sistem kerja perangkat Android semakin berat dan menyebabkan lemot saat mengoperasikannya. Jadi pastikan memori eksternal yang Anda pasang sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh developer perangkat Android.

5. Gunakanlah media dan aplikasi yang sesuai pada perangkat Android Anda. Jangan memaksakan aplikasi atau media yang tidak didukung oleh perangkat Android yang anda miliki. Hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja sistem pada Android dan membuat lemot jika dipaksakan. Contohnya jika perangkat Android yang anda miliki hanya men-support video 3GP, jangan memasukkan video dengan format FLY dan lain sebagainya.

6. Lakukan instalasi terlebih dahulu jika membeli HP bekas. Sebelum Anda menggunakan HP bekas yang Anda beli, sebaiknya lakukan instalasi ke dalam Katingan awal terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar aplikasi serta cara kerja sistem perangkat pada Android tersebut bisa kembali ke dalam settingan awal yang dibuat oleh developer. Jadi, penggunaan atau penyimpanan pada HP lama tidak akan mempengaruhi saat anda menggunakannya.

7. Selalu waspada dan berhati-hati saat anda ingin menghubungkan HP Android Anda dengan perangkat lain seperti laptop atau personal computer. Anda harus memastikan bahwa laptop atau perangkat komputer yang akan disambungkan pada HP Android Anda tidak mengandung virus. Virus juga dapat membuat Android menjadi lemot saat dioperasikan. Hal ini harus diperhatikan karena virus yang ada pada personal komputer ataupun laptop tersebut dapat masuk ke perangkat Android Anda. Jika anda ingin memindahkan suatu file dari HP ke laptop atau sebaliknya jangan menggunakan kabel data tetapi lebih baik gunakan card reader. Cara ini dinilai lebih aman untuk mengantisipasi perpindahan virus dari laptop atau komputer ke dalam perangkat Android.

Nah itulah tips yang bisa kalian lakukan untuk merawat HP Android anda agar tidak lemot. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Saja yg Bisa Menerima Bansos PPKM Darurat?

Cek Legalitas Pinjol serta Fintech di Situs Cekfintech.id

Buka cekbansos.kemensos.go.id, Penerima BST Rp 600.000 Dapat Tambahan Beras 10 Kg