Komponen Termahal iPhone 12 Tidak Terpakai di Indonesia

 


 

Apple resmi meluncurkan iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max dalam suatu agenda virtual bertajuk "Hi, Speed" pada Oktober lalu.

Meski info kehadirannya di Indonesia tetap misterius, saat ini ada sejumlah rumor yg mengklaim bahwa perpaduan iPhone teranyar tersebut bakal diluncurkan di Tanah Air di bulan depan. Setidaknya begitu menurut website lokal yg mengulas serba-serbi mengenai produk Apple, MakeMac. Sejumlah sumber berkata terhadap website itu bahwa iPhone 12 bakal meluncur di Indonesia pada 18 Desember, alias mundur dua minggu dibanding rumor sebelumnya, yakni 4 Desember.

Pada tanggal tersebut, sumber lain juga mengklaim bahwa Apple bakal menghadirkan empat model iPhone 12 sekaligus di Indonesia. Namun, rumor ini belum dapat dipastikan lantaran Apple sendiri sebelumnya menghadirkan iPhone 12 dalam dua tahap, yakni iPhone 12 dan 12 Pro lebih dulu (Oktober), dan iPhone 12 Mini dan 12 Pro Max akhir-akhir (November). KompasTekno telah menghubungi sejumlah reseller resmi Apple di Indonesia, semacam Erajaya (Erafone & iBox Indonesia) dan Digimap. Namun, sampai kabar ini ditayangkan, baik Erajaya maupun Digimap belum menunjukkan tanggapan.

Yang pasti, info mengenai perpaduan iPhone 12 ini telah dapat dilihat di website Apple.com berbahasa Indonesia, yg saat ini terkesan lebih detail dan rinci, semacam spesifikasi lengkap keempat varian iPhone 12.


Namun, website tersebut tetap menampilkan info "Cek kembali untuk info ketersediaan", menunjukan ketersediaan perpaduan iPhone terakhir ini di Indonesia tetap belum dapat dipastikan.



Direstui pemerintah 


 


Keberadaan iPhone 12 di Indonesia yg terus terendus juga diperkuat dengan "restu" yg diberikan oleh pemerintah, yakni Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Lihat Foto Sertifikat iPhone 12 di sistem Sirani Kominfo.(Sirani Kominfo) Dari Kemenperin, iPhone 12 (A2399), 12 Mini (A2403), 12 Pro (A2407), dan 12 Pro Max (A2411) kompak telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan kualitas 30 persen.

 Sebagai informasi, bobot TKDN sebesar paling tak 30 persen merupakan salah satu syarat bagi handphone 4G untuk dapat dijual di Indonesia. Sementara dari Kemenkominfo, melewati sistem Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi (Sirani), keempat no model iPhone 12 di website Kemenperin tadi juga telah memperoleh izin penggunaan frekuensi radio.

Nah, apabila mengacu pada runutan waktu sebelum-sebelumnya, iPhone terakhir sendiri dijual di Indonesia dalam kurun dua alias tiga bulan seusai mengantongi sertifikat TKDN. iPhone 11 misalnya, mendapat sertifikat TKDN pada akhir September 2019. Ponsel tersebut kemudian dapat dipesan dengan cara resmi di Indonesia pada awal Desember, tepatnya 6 Desember 2019. Jadi, apabila iPhone 12 mendapat sertifikat TKDN pada akhir Oktober 2020 lalu, jadi besar kemungkinannya iPhone 12 dijual resmi di Indonesia kurang lebih akhir Desember 2020 (boleh sehingga 18 Desember tadi) alias awal Januari 2021. Kita nantikan saja kepastiannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Saja yg Bisa Menerima Bansos PPKM Darurat?

Cek Legalitas Pinjol serta Fintech di Situs Cekfintech.id

Buka cekbansos.kemensos.go.id, Penerima BST Rp 600.000 Dapat Tambahan Beras 10 Kg