Cara Hapus Akun WhatsApp Dan Instagram Tanpa Menghilangkan Data Didalamnya



Di Indonesia, aplikasi media sosial seperti Messenger, WhatsApp dan Instagram cukup populer. Ketiga aplikasi ini berada di bawah naungan Facebook yang sekaligus berperan sebagai induk perusahaan. Banyak alasan yang bermunculan kenapa Facebook harus menaungi beberapa aplikasi. Diantaranya meningkatkan pengalaman para pengguna sampai iklan.


Seperti yang kita ketahui, sudah menjadi rahasia umum jika iklan termasuk bisnis menjanjikan dan paling utama dalam jejaring sosial Facebook. Kebijakan baru dimana aplikasi-aplikasi ini dikatakan berbagi data membuat sebagian pengguna kewalahan. Terlebih banyak statement bermunculan di luar sana yang berkaitan dengan kasus data pribadi Facebook.


Semenjak kebijakan baru dari Facebook diberlakukan, sebagian pengguna ada yang memilih untuk menghapus akun WhatsApp dan Instagram mereka secara permanen. Namun resikonya data-data penting yang disimpan dalam kedua aplikasi tersebut hilang. Lantas, bisakah akun WhatsApp dan Instagram dihapus tanpa menghilangkan data penting didalamnya termasuk riwayat chat?


Langkah-Langkah Hapus Akun WhatsApp Dan Instagram Tanpa Hilangkan Data


Jawabannya ternyata bisa. Kecanggihan teknologi dari waktu ke waktu kian memudahkan para pengguna media sosial dalam segala hal. Termasuk untuk menghapus akun media sosial tanpa kehilangan data-data penting. Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghapus akun di aplikasi WhatsApp!


  • Sebelum menghapus akunnya, pastikan kamu sudah mengamankan data dan riwayat percakapan penting di dalamnya sehingga tidak ikut hilang.
  • Sebenarnya, WhatsApp tidak bisa meng-eskpor semua riwayat percakapan dan aneka konten seperti foto, video ataupun dokumen yang diterima. Tapi kamu bisa melakukannya dengan meng-copy folder di memori internal ponsel tepatnya folder “WhatsApp-Media”.
  • Sementara untuk data riwayat percakapannya bisa kamu cadangkan dengan cara membuka menu “Setting”, lalu “Chat”, “Chat history” dan “Export chat”. Silahkan pilih chat dengan kontak mana saja yang ingin diekspor.
  • Selanjutnya pilih medium untuk mengekspor chat, apakah ingin dilakukan melalui email atau platform lain.
  • Setelah semuanya sudah berhasil kamu eskpor, akun WhatsApp siap untuk dihapus dengan cara membuka menu “Setting”, lalu pilih “Account” dan terakhir klik “Delete my account”.
  • Langkah terakhir, lakukan verifikasi dengan memasukkan nomor telepon yang digunakan pada saat registrasi akun WhatsApp
 

Sama halnya ketika ingin menghapus akun WhatsApp, untuk menghapus akun Instagram pertama-tama kamu harus mengunduh data pengguna terlebih dahulu. Caranya, silahkan buka profil Instagram kemudian klik ikon tiga garis di pojok kanan atas sampai akhirnya kamu masuk ke menu setting. Lalu pilih “Security” dan lanjutkan ke “Download data”. Setelah itu masukkan alamat email untuk mengirimkan informasi data pengguna. Jangan lupa untuk memasukkan password akun Instagram kamu agar bisa dilakukan verifikasi alamat email.

 
Selanjutnya, setelah data diterima, pengguna bisa meneruskan penghapusan akun Instagram. Tapi perlu kamu ketahui bahwa langkah-langkah menghapus akun Instagram ini tidak bisa dilakukan via aplikasi mobile.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Saja yg Bisa Menerima Bansos PPKM Darurat?

Cek Legalitas Pinjol serta Fintech di Situs Cekfintech.id

Buka cekbansos.kemensos.go.id, Penerima BST Rp 600.000 Dapat Tambahan Beras 10 Kg