Instagram Khusus Untuk Anak-Anak Tengah Disiapkan Oleh Facebook

 


Batas usia seseorang yang diperbolehkan mempunyai akun sosial media adalah 13 tahun. Ungkapan ini sesuai dengan regulasi data pribadi Uni Eropa (GDPR). Aturan tersebut berlaku untuk semua platform media sosial yang ada. Tanpa terkecuali Facebook dan media sosial lainnya yang menjadi anak perusahaan seperti Instagram dan Messenger.

Menyikapi aturan tersebut, baru-baru ini justru Facebook dikabarkan akan membuat aplikasi Instagram khusus untuk anak-anak. Tujuannya tidak lain untuk mengakomodasi para pengguna media sosial terutama Instagram yang usianya di bawah 13 tahun. Hal serupa diungkapkan langsung oleh Wakil Presiden produk Instagram yaitu Vishal Shah yang mengumumkan inisiasi tersebut.

Melalui unggahan internal ke karyawan Instagram, Shah mengatakan bahwa Instagram yang akan dibuat untuk anak-anak memiliki fitur keamanan dan privasi yang lebih tinggi. Sehingga fitur di dalamnya akan terlihat berbeda dengan Instagram reguler yang biasa digunakan oleh kalangan remaja.

Versi Baru Instagram Telah Hadir Untuk Anak-Anak Dibawah 13 Tahun

Dalam unggahannya, Shah mengungkapkan secara gamblang bahwa timnya akan memperkenalkan upaya anak muda sebagai hal penting bagi instagram dan menjadikannya prioritas untuk masuk ke dalam daftar semester pertama. Perusahannya tengah berencana untuk membuat sesuatu yang baru dalam Grup Produk Komunitas yang terfokus pada dua hal penting.

Pertama, mempercepat upaya integrasi dan privasi untuk memastikan keamanan bagi para remaja pengguna Instagram. Kedua, membuat Instagram dalam versi baru yang bisa digunakan oleh anak-anak di bawah usia 13 tahun yang terjamin keamanannnya. Tepatnya pada hari Jum’at, Facebook pun telah mengonfirmasi kabar ini memang benar adanya.

Instagram Untuk Anak-Anak Harus Dikontrol Penuh Oleh Orangtua

Lebih jelasnya lagi, Facebook mengatakan bahwa Instagram yang dibuat untuk anak-anak ini akan dikontrol penuh oleh orangtua. Selain itu, saat ini banyak anak-anak yang meminta izin kepada orang tua mereka untuk menggunakan aplikasi Instagram milik orangtuanya. Dengan tujuan agar mereka bisa tetap terhubung dengan teman-teman yang juga menggunakan aplikasi serupa.

Aplikasi Instagram belakangan ini sangat rajin mempromosikan keamanan dan privasinya. Terutama untuk para pengguna yang berusia di bawah 18 tahun. Salah satu promosi keamanannya bisa dirasakan dimana pengguna dewasa (diatas usia 18 tahun) tidak bisa mengirim pesan via direct message ke pengguna dibawah usia tersebut. Tanpa terkecuali apabila keduanya saling follow.

Fitur tersebut tentunya berbeda dengan sebelumnya, dimana Instagram memungkinkan para pengguna untuk bisa mengirim dan menerima direct message tanpa harus follow terlebih dahulu. Selain itu, pihak Instagram akan memberikan peringatan keras untuk pengguna yang berusia kurang dari 18 tahun agar mereka lebih berhati-hati saat melakukan percakapan dengan orang dewasa.

Apabila diketahui terdapat hal yang mencurigakan dilakukan oleh orang dewasa melalui percakapannya via DM maka secara otomatis pemberitahuan akan muncul. Tidak hanya itu saja, sampai kini pihak Instagram juga akan membatasi orang dewasa dalam mencari konten dan mem-follow pengguna yang masih remaja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Saja yg Bisa Menerima Bansos PPKM Darurat?

Cek Legalitas Pinjol serta Fintech di Situs Cekfintech.id

Buka cekbansos.kemensos.go.id, Penerima BST Rp 600.000 Dapat Tambahan Beras 10 Kg