Mengenal WhatsApp GB Yang Jadi Trending Topik Di Twitter

 


Beberapa hari yang lalu, topik “WhatsApp GB” masuk ke dalam jajaran trending di Twitter. Banyak pengguna Twitter mengaku bahwa menggunakan aplikasi WhatsApp GB dinilai lebih lengkap fiturnya dibandingkan WhatsApp reguler. Di sisi lain, tidak sedikit juga pengguna yang kurang berminat dengan WhatsApp GB ini karena kurangnya privasi pengguna. Lalu, apa sebenarnya WhatsApp GB?

Mungkin kebanyakan dari kita belum mengenal Whatsapp GB. Padahal ini merupakan salah satu modifikasi Whatsapp. Hanya saja dalam hal ini belum banyak penggunanya sehingga kepopulerannya tidak seperti Whatsapp messenger yang saat ini digunakan.

Apa Itu WhatsApp GB Sampai Jadi Trending Topik Di Twitter?

Dilansir dari Gadget House, WhatsApp GB adalah suatu aplikasi yang sudah dimodifikasi atau lebih dikenal dengan istilah WhatsApp Mod. Adapun yang membuat aplikasi ini merupakan anggota senior XDA Developer. WhatsApp GB merupakan hasil modifikasi dari WhatsApp Plus yang sama-sama hasil modifikasi. Namun untuk WhatsApp Plus ini sekarang sudah diblokir oleh pihak resmi WhatsApp.

Karena aplikasinya tidak resmi, aplikasi ini hanya bisa digunakan di platform android. Tidak seperti aplikasi pada umumnya, WhatsApp GB tidak bisa diunduh melalui google play store. Untuk mengunduh aplikasinya, hanya bisa menggunakan aplikasi dari sumber pihak ketiga yaitu situs web.

Beberapa pengguna Twitter mengutarakan WhatsApp GB menawarkan fitur yang lebih banyak dan tidak bisa digunakan di aplikasi WhatsApp resmi. Adapun beberapa fitur favorit di aplikasi WhatsApp GB diantaranya :

  • ·         Merubah tema dan ikon

  • ·         Menghilangkan status “Sedang mengetik”

  • ·         Menghilangkan centang dua

  • ·         Membaca pesan yang sudah dihapus

  • ·         Mengganti gaya huruf

  • ·         Memungkinkan pengguna melihat status yang sudah dihapus oleh pembuatnya

  • ·         Mengunduh status yang muncul di WhatsApp tanpa harus melakukan screenshot

Ditinjau dari segi keamanan, pengunduhan aplikasi dari pihak ketiga ini cukup beresiko. Meskipun tampilannya lebih menarik, WhatsApp GB lebih beresiko membawa malware dan spyware. Sampai saat ini, pihak resmi WhatsApp sudah melakukan ancaman dengan memblokir sementara penggunanya yang ketahuan menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi.

“WhatsApp sangat tidak mendukung aplikasi pihak ketiga karena kami tidak dapat memvalidasi praktik keamanan pengguna”, jelas pihak WhatsApp. Jadi untuk keamanannya, alangkah baiknya jika kita menggunakan aplikasi resmi yang diunduh dari market resmi seperti google play store.

Meskipun Whatsapp GB ini memiliki fitur tambahan yang tidak ditemui di Whatsapp messenger, namun penggunanya tidak begitu banyak. Mungkin karena belum terlalu umum dan belum begitu dikenal sehingga penggunanya juga masih sangat minim sekali. Namun mungkin jika aplikasi modifikasi ini berkembang mungkin peminatnya akan semakin banyak. Kita lihat saja perkembangan aplikasi ini apakah akan sepopuler whatsapp saat ini atau tidak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Saja yg Bisa Menerima Bansos PPKM Darurat?

Cek Legalitas Pinjol serta Fintech di Situs Cekfintech.id

Buka cekbansos.kemensos.go.id, Penerima BST Rp 600.000 Dapat Tambahan Beras 10 Kg