Spotify Uji Coba Fitur Mirip TikTok, Begini Tampilannya




Tren video singkat yg dipopulerkan oleh TikTok, membikin platform lain ikut membikin fitur serupa. Tapi, rupanya bukan cuma platfrom media umum saja yg kepincut membikin fitur video pendek.

Aplikasi musik alir (streaming music) Spotify juga disebut kepincut membikin fitur seperti TikTok. Fitur yg diberi nama "Discover" itu akan menampilkan video musik yg akan ditampilkan dengan cara vertikal.

Sambil scrolling (menggulir layar), pemakai dapat skip (melewati) alias berhenti untuk melihat musik video yg timbul di feed. Mereka juga dapat menawarkan like alias sukai di video tersebut.

Ada pula ikon titik tiga di sebelah ikon hati, di mana pemakai dapat melihat info mengenai lagu tersebut. Fitur ini timbul di tab keempat di bar navigasi yg ada di segi bawah aplikasi. Tepatnya berada di antara menu Home serta Search.

Hal itu diungkapkan oleh Chris Messina, salah seorang penggiat info startup serta sosial media asal Amerika Serikat.

Dalam twit yg diunggah lewat akun dengan handle @chrismessina, ia mengunggah tangkapan layar lokasi menu Discover sekaligus potongan video bagaimana tampilannya yg amat seperti dengan TikTok.


Dirangkum  dari Tech Crunch, Minggu (28/11/2021), Messina berkata fitur itu ia dapatkan di Spotify TestFlight alias versi beta di iOS. Menurut Messina, kemungkinan Spotify memanfaatkan format Canvas yg telah dimiliki platform tersebut.



Canvas diperkenalkan Spotify tahun 2019 lalu. Fitur ini memungkinkan musisi untuk membikin video "khusus" yg timbul setiap kali lagu mereka diputar. Video itu dapat cuplikan musik video alias video lain.

Jadi, ada kemungkinan video yg timbul di Discover merupakan video yg tampil di Canvas, menurut spekulasi Messina. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan.

Belum ada info juga apakah fitur ini akan hadir di Android pula alias tidak. Spotify tetap merahasiakan detailnya, tapi perusahaan asal Swedia itu tak membantah bahwa mereka sedang mengeksplorasi format video vertikal. "Di Spotify, kami dengan cara selalu melakukan sejumlah tes untuk menambah pengalaman pemakai kami," terperinci juru bicara Spotify.

"Beberapa dari uji coba itu akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pemakai kami yg lebih luas serta yg lainnya hanya menjadi pelajaran penting.

Kami belum mempunyai info lebih lanjut untuk dibagikan ketika ini," kata pihak Spotify. Itu artinya, fitur ini tetap dalam bagian uji coba yg sangat dini. Bisa jadi, Spotify urung menggulirkan fitur ini ke publik.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Saja yg Bisa Menerima Bansos PPKM Darurat?

Cek Legalitas Pinjol serta Fintech di Situs Cekfintech.id

Buka cekbansos.kemensos.go.id, Penerima BST Rp 600.000 Dapat Tambahan Beras 10 Kg