Trending #ApresiasiUntukAtlet, Ada Apa?




Tanda pagar (tagar) #ApresiasiUntukAtlet menjadi salah satu trending topic di Twitter Indonesia pada Senin (6/12/2021). Hingga Senin sore, lebih dari 43.000 twit mewarnai tagar #ApresiasiUntukAtlet. Dari pantauan , tagar tersebut dipakai warganet untuk memberi tau terima kasih terhadap para atlet badminton yg telah berlaga dan mengangkat pulang piala Thomas Cup.

Perjuangan Jonatan Christie dan kawan-kawan berbuntut manis dengan mengangkat Piala Thomas yg telah 19 tahun tak kembali ke pelukan tim Merah Putih. Meski demikian, penghargaan pemerintah terhadap kerja keras para atlet ini dinilai tak memuaskan, sebab belum ada bonus yg diterima oleh para atlet sampai sekarang.Disindir piala kosong Jonatan Christie, atlet yg memastikan kemenangan 3-0 Indonesia kontra China dalam laga final Piala Thomas, menyuarakan pendapatnya soal belum adanya penghargaan dari pemerintah.

Disindir piala kosong


Jonatan Christie, atlet yg memastikan kemenangan 3-0 Indonesia kontra China dalam laga final Piala Thomas, menyuarakan pendapatnya soal belum adanya penghargaan dari pemerintah.
Melalui akun Twitter pribadinya @jonatan979 (terverifikasi), Jumat (3/12/2021), pebulutangkis yg biasa disapa Jojo ini menyindir bahwa Piala Thomas seolah dianggap "piala kosong".

"Terima kasih "Apresiasi" nya. Jadi inget dulu ada di salah satu scene film "King" perkataan mengenai "Piala itu isi nya kosong" dan nyatanya kini pun dianggap semacam itu," tulis Jojo.

Pernyataan Jojo itu pun segera memantik polemik. Bahkan, timbul tagar #AtletHarusPaham yg berisi agresi personal terhadap Jojo, yg dianggap mengejar uang dan tak lapang dada berjuang demi Indonesia. Serangan tersebut terkesan dalam salah satu meme yg dibubuhi hastag #AtletHarusPaham.



Warganet balas dengan trending #ApresiasiUntukAtlet


Serangan terhadap Jojo yg menyuarakan pendapatnya soal penghargaan untuk atlet Piala Thomas direspons oleh warganet. "Begini ya tutorial respons kritik atlet badminton yg dah berjuang di Piala Thomas. Main tagar, meme nyindir atlet mata duitan. Minta atlet wajib paham. Iya, paham paham. Situ paham gak tutorial biar ga kena sanksi WADA, paham gak level Piala Thomas, paham gak siapa Fajar/Rian?," tulis @ilhamzada, Senin (6/12/2021).

Akun @ilhamzada pun mengundang warganet untuk menunjukkan rasa terima kasih terhadap para atlet yg telah berjuang mengangkat pulang Piala Thomas, dengan meramaikan hashtag #ApresiasiUntukAtlet.

"Yuk, kita kibarkan tagar baru. Gratis gratis, kali ini saya sehingga buzzer untuk tagar di bawah ini: #ApresiasiUntukAtlet #ApresiasiUntukAtlet #ApresiasiUntukAtlet," tulis @ilhamzada.


Menpora pastikan atlet Piala Thomas terima bonus



Diberitakan Kompas.com, Sabtu (4/12/2021) Menpora Zainudin Amali akhirnya memastikan bahwa tim badminton Indonesia yg menjuarai Piala Thomas 2020 akan mendapatkan bonus. Setelah pertimbangan panjang, Zainudin akhirnya memutuskan untuk memperlihatkan penghargaan berupa bonus terhadap tim Piala Thomas Indonesia. "Setelah saya rapat koordinasi di internal, akhirnya saya putuskan untuk memperlihatkan penghargaan berupa bonus dari pemerintah," kata Zainudin.

Namun, ke depannya Kemenpora akan memperjelas aturan soal bonus atlet di single event. "Akan tetapi, kami akan pertegas untuk kegiatan-kegiatan yg akan memperoleh bonus. Kategori-kagetorinya akan diperjelas, bila multievent pasti pasti," ucap dia.

"Single event sendiri dikhususkan untuk kejuaraan dunia dan kejuaraan ini banyak. Maka kami akan memperjelas soal penamaannya," kata Zainudin. Pemberian bonus terhadap atlet diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 1684 tahun 2015 mengenai Persyaratan Pemberian Penghargaan Olahraga terhadap Olahragawan, Pembina Olahraga, Tenaga Keolahragaan, dan Organisasi Olahraga.

Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa pemerintah akan memperlihatkan bonus berupa uang alias barang bagi atlet yg memenuhi persyaratan. Persyaratan yg dimaksud merupakan meraih medali pada ajang multievent semacam SEA Games, ASEAN Para Games, Asian Games, Asian Para Games, dan Olimpiade dan Paralimpiade.

Selain itu, ada juga kategori untuk juara kejuaraan dunia maupun kejuaraan asia resmi single event untuk cabang olahraga Olimpiade, dan menjadi juara pada ajang Islamic Solidarity Games alias Asian Beach Games. Namun, aturan tersebut terbukti belum mengatur dengan cara spesifik kejuaraan single event apa saja yg masuk dalam kategori pemberian bonus pemerintah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siapa Saja yg Bisa Menerima Bansos PPKM Darurat?

Cek Legalitas Pinjol serta Fintech di Situs Cekfintech.id

Buka cekbansos.kemensos.go.id, Penerima BST Rp 600.000 Dapat Tambahan Beras 10 Kg